- AGROTEKNOLOGI
VISI
"Menjadi salah satu program studi yang memiliki daya saing menghasilkan lulusan berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian berkelanjutan"
MISI
1. Melaksanakan pendidikan akademik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang
"Menjadi salah satu program studi yang memiliki daya saing menghasilkan lulusan berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian berkelanjutan"
MISI
1. Melaksanakan pendidikan akademik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang
handal di bidang pengetahuan dan teknologi pertanian berkelanjutan.
2. Meningkatkan kemampuan mengembangan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan
2. Meningkatkan kemampuan mengembangan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan penyebar luasannya selaras
kebutuhan masyarakat melalui pengabdian.
3. Mengembang kerja sama dan pembentukan jejaring dalam lingkup instansi terkait dan
3. Mengembang kerja sama dan pembentukan jejaring dalam lingkup instansi terkait dan
masyarakat luas.
Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan konsep ilmiah dan teknologi
Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan konsep ilmiah dan teknologi
pertanian berkelanjutan selaras daerah aliran sungai.
2. Perdagangan kemampuan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan Iptek dalam
2. Perdagangan kemampuan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan Iptek dalam
mendukung revitalisasi sektor pertanian.
3. Mendukung program pendidikan, penelitian dan pengabdian guna meningkatkan cinta
3. Mendukung program pendidikan, penelitian dan pengabdian guna meningkatkan cinta
pertanian melalui kerja sama dalam lingkup instansi dan masyarakat luas.
KURIKULUM
Kurikulum program studi Agroteknologi disusun dengan mengacu kepada Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa yang tertuang pada Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000, Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tanggal 18 Juli 2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 44/DIKTI/Kep/2006 tanggal 2 Juni 2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat di Perguruan Tinggi dan Hasil rumusan Semiloka Kurikulum Fakultas Pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 2011 di Fakultas Pertanian USI.
Hasil rumusan menetapkan bahwa kurikulum program studi Agroteknologi terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu kurikulum inti dan kurikulum institusional yang tercakup pada 5 kelompok mata kuliah.
Kelompok mata kuliah yang dimaksud adalah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKK) dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)., Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
Penyebaran mata kuliah ditata pada 8 semester dan penempatan mata kuliah pada semester I hingga semester VIII diupayakan menurut kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.
Sistem pembuatan kode mata kuliah , kode awal yaitu FP, AT, AB, KH adalah kode mata kuliah yang ditanggung jawabi masing-masing institusi. Sebagai contoh mata kuliah Pendidikan Agama ditanggung jawabi oleh Fakultas Pertanian (FP) karena mata kuliah tersebut diwajibkan pada 3 prodi yang ada di Fak.Pertanian USI.
Satu angka berikutnya adalah nomor Bidang Kajian /Kelompok yang terdiri dari 5 bidang kajian yaitu:Bidang Kajian Umum, Bidang kajian Tanaman , Bidang Kajian Media, Bidang kajian Lingkungan dan sumber Daya Manusia, Bidang Kajian Teknologi, dua nomor berikutnya nomor urut pada bidang kajian tersebut
PROFIL LULUSAN
Pelaku /wirausahawan/pengusaha bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian
Menager/perencana/peyelenggara/penggerak/pengendali dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mnedukung pertanian
Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian
Pendidik/Dosen/Widyaswara/guru sekolah kejuruan bidang pertanian.
KOMPETENSI LULUSAN
Merujuk Surat Keputusan Menteri Pendidkan Nasional No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti Perguruan Tinggi, kompetensi lulusan program studi terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan terkait dengan kompetensi utama.
Kompetensi utama lulusan adalah kemampuan lulusan tersebut untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi.
Kompetensi pendukung adalah kemampuan yang terkait dan mendukung kompetensi utama serta merupakan cirri khas Perguruan Tinggi bersangkutan.
Kompetensi lainnya yaitu kemampuan yang ditambahkan agar dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan usaha inovatif di bidang produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutanan dan mampu berkomunikasi, menjalin kerjasama secara efektif dengan mengikuti kaidah etika bisnis.
Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem produksi tananam secara ekfetif dan produktif, dan mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerja sama dalam tim yang multi disiplin
Mampu berpikir analitis untuk mengidentifikasi masalah dan akar masalah serta mengambil prakarsa untuk mencari solusi berbasis ilmiah dalam system pertanian berkelanjutan
Mampu belajar sepanjang hayat, berfikir analitis dan memperhitungkan dampak peyelesaian masalah dilingkup global dalam berkehidupan bermasyarakat, mampu berperan sebagai fasilisator, motivator dan mediator secara sistimatik dan efektif
KURIKULUM
Kurikulum program studi Agroteknologi disusun dengan mengacu kepada Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa yang tertuang pada Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000, Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tanggal 18 Juli 2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 44/DIKTI/Kep/2006 tanggal 2 Juni 2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat di Perguruan Tinggi dan Hasil rumusan Semiloka Kurikulum Fakultas Pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 2011 di Fakultas Pertanian USI.
Hasil rumusan menetapkan bahwa kurikulum program studi Agroteknologi terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu kurikulum inti dan kurikulum institusional yang tercakup pada 5 kelompok mata kuliah.
Kelompok mata kuliah yang dimaksud adalah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKK) dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)., Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
Penyebaran mata kuliah ditata pada 8 semester dan penempatan mata kuliah pada semester I hingga semester VIII diupayakan menurut kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.
Sistem pembuatan kode mata kuliah , kode awal yaitu FP, AT, AB, KH adalah kode mata kuliah yang ditanggung jawabi masing-masing institusi. Sebagai contoh mata kuliah Pendidikan Agama ditanggung jawabi oleh Fakultas Pertanian (FP) karena mata kuliah tersebut diwajibkan pada 3 prodi yang ada di Fak.Pertanian USI.
Satu angka berikutnya adalah nomor Bidang Kajian /Kelompok yang terdiri dari 5 bidang kajian yaitu:Bidang Kajian Umum, Bidang kajian Tanaman , Bidang Kajian Media, Bidang kajian Lingkungan dan sumber Daya Manusia, Bidang Kajian Teknologi, dua nomor berikutnya nomor urut pada bidang kajian tersebut
PROFIL LULUSAN
Pelaku /wirausahawan/pengusaha bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian
Menager/perencana/peyelenggara/penggerak/pengendali dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mnedukung pertanian
Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian
Pendidik/Dosen/Widyaswara/guru sekolah kejuruan bidang pertanian.
KOMPETENSI LULUSAN
Merujuk Surat Keputusan Menteri Pendidkan Nasional No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti Perguruan Tinggi, kompetensi lulusan program studi terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan terkait dengan kompetensi utama.
Kompetensi utama lulusan adalah kemampuan lulusan tersebut untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi.
Kompetensi pendukung adalah kemampuan yang terkait dan mendukung kompetensi utama serta merupakan cirri khas Perguruan Tinggi bersangkutan.
Kompetensi lainnya yaitu kemampuan yang ditambahkan agar dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan usaha inovatif di bidang produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutanan dan mampu berkomunikasi, menjalin kerjasama secara efektif dengan mengikuti kaidah etika bisnis.
Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem produksi tananam secara ekfetif dan produktif, dan mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerja sama dalam tim yang multi disiplin
Mampu berpikir analitis untuk mengidentifikasi masalah dan akar masalah serta mengambil prakarsa untuk mencari solusi berbasis ilmiah dalam system pertanian berkelanjutan
Mampu belajar sepanjang hayat, berfikir analitis dan memperhitungkan dampak peyelesaian masalah dilingkup global dalam berkehidupan bermasyarakat, mampu berperan sebagai fasilisator, motivator dan mediator secara sistimatik dan efektif
- AGRIBISNIS
"Menjadi program studi yang unggul berstandar nasional dan mampu berperan aktif dalam pengembangan agribisnis melalui sistem pertanian yang berkelanjutan"
MISI
1. Melaksanakan pendidikan di bidang agribisnis untuk menghasilkan lulusan yang
menguasai dan menerapkan Ipteks, melalui kemampuan wirausaha yang beretika dan
berwawasan global.
2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk mengkaji iptek.
3. Mengembangkan ilmu terapan yang dapat didesiminasikan pada masyarakat.
TUJUAN
a. Tujuan
1. Menghasilkan lulusan menguasai dan mampu menerapkan Ipteks, memiliki kemampuan
2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk mengkaji iptek.
3. Mengembangkan ilmu terapan yang dapat didesiminasikan pada masyarakat.
TUJUAN
a. Tujuan
1. Menghasilkan lulusan menguasai dan mampu menerapkan Ipteks, memiliki kemampuan
wirasusaha, beretiks dan berwawasan global yang memiliki kepekaan pada masyarakat.
2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif menuju standar nasional yang berbasis
2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif menuju standar nasional yang berbasis
mutu.
3. Meningkatkan kontribusi pada masyarakat dengan mengembangkan dan menyebarkan
3. Meningkatkan kontribusi pada masyarakat dengan mengembangkan dan menyebarkan
ilmu-ilmu terapan.
b. Sasaran
1. Meningkatnya citra program studi agribisnis fakultas pertanian USI di masyarakat.
2. Meningkatnya kerjasama di tingkat daerah dan nasional melalui kegiatan pendidikan,
b. Sasaran
1. Meningkatnya citra program studi agribisnis fakultas pertanian USI di masyarakat.
2. Meningkatnya kerjasama di tingkat daerah dan nasional melalui kegiatan pendidikan,
publikasi, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.
3. Meningkatnya suasana akademik yang mendukung kegiatan proses belajar mengajar.
4. Meningkatnya kajian Iptek di bidang agribisnis berdasarkan kebutuhan stakeholder.
5. Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen agar dapat bersaing.
PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
KOMPETENSI UTAMA PROGRAM STUDI
a. Kompetensi Utama
Mampu mengelola sistem dan usaha agribisnis secara berkelanjutan berdasarkan etika bisnis
Mampu menerapkan dan mengembangkan agribisnis berbasis pertanian berkelanjutan dan berkomunikasi serta menjalin kerjasama secara efektif
Mampu mengidentifikasi permasalahan, memfasilitasi, memediasi dan mengembangkan kapasitas masyarakat agribisnis dalam sistem sosial, ekonomi dan nilai-nilai budaya lokal
Mampu berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan akar masalah dan mengambil prakarsa untuk mencari solusi berbasis ilmiah dalam sistem agribisnis yang berkelanjutan
Mampu merumuskan kebijakan pengembangan agribisnis yang berkelanjutan
b. Kompetensi Pendukung
Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sistem informasi manajemen.
Mampu menggunakan teknologi informasi dan multimedia
Mampu berkomunikasi dengan bahasa asing (Inggris).
c. Kompetensi Lainnya
Mampu mengelola perhelatan (event organizer).
Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan lembaga keuangan mikro
3. Meningkatnya suasana akademik yang mendukung kegiatan proses belajar mengajar.
4. Meningkatnya kajian Iptek di bidang agribisnis berdasarkan kebutuhan stakeholder.
5. Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen agar dapat bersaing.
PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
- Lulusan Program Studi Agribisnis USI diharapkan dan mampu menjadi :
- Manajer Usaha Pertanian / Agribisnis
- Pelaku / Pengusaha Agribisnis
- Fasilitator Pengembangan Masyarakat Agribisnis
- Konsultan/Pengkaji Agribisnis
- Perumus Kebijakan Agribisnis
KOMPETENSI UTAMA PROGRAM STUDI
a. Kompetensi Utama
Mampu mengelola sistem dan usaha agribisnis secara berkelanjutan berdasarkan etika bisnis
Mampu menerapkan dan mengembangkan agribisnis berbasis pertanian berkelanjutan dan berkomunikasi serta menjalin kerjasama secara efektif
Mampu mengidentifikasi permasalahan, memfasilitasi, memediasi dan mengembangkan kapasitas masyarakat agribisnis dalam sistem sosial, ekonomi dan nilai-nilai budaya lokal
Mampu berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan akar masalah dan mengambil prakarsa untuk mencari solusi berbasis ilmiah dalam sistem agribisnis yang berkelanjutan
Mampu merumuskan kebijakan pengembangan agribisnis yang berkelanjutan
b. Kompetensi Pendukung
Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sistem informasi manajemen.
Mampu menggunakan teknologi informasi dan multimedia
Mampu berkomunikasi dengan bahasa asing (Inggris).
c. Kompetensi Lainnya
Mampu mengelola perhelatan (event organizer).
Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan lembaga keuangan mikro
- KEHUTANAN
VISI
Menjadi lembaga pendidikan terkemuka dalam pengembangan ilmu, teknologi dan seni untuk pengelolaan hutan tropis berbasis ekosistem untuk menjamin kelestarian fungsi sosial ekologi dan ekonomi dari hutan.
MISI
1. Melaksanakan pendidikan tinggi akademik dan profesional untuk menghasilkan sumber
manusia yang bermoral, ahli dan berkemampuan mengembangkan ilmu, teknologi, dan
seni dan adaktif terhadap kebutuhan kebutuhan masyarakat yang rasional dan positif
untuk mendukung pengelolaan hutan lestari.
2. Mengembangan program studi kehutanan sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan
2. Mengembangan program studi kehutanan sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan
responsif dan berkemampuan antipasif terhadap beragam masalah pembangunan
kehutanan berbasis pada pendekatan dan profesional.
3. Mengembangkan program studi kehutanan sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan
3. Mengembangkan program studi kehutanan sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan
system manajemen yang beriorentasi kualitas dan profesionalisme sehingga hasil
hasilnya kompetif secara lokal dan nasional.
KURIKULUM PROGRAM STUDI KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN USI
TAHUN 2011
FAKULTAS PERTANIAN USI
TAHUN 2011
Profil Lulusan Program Studi Kehutanan USI
Lulusan Program Studi Agribisnis USI diharapkan dan mampu menjadi:
Setelah menamatkan studi, lulusan program studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Simalungun akan dapat menjadi:
1. Pengelola Sumberdaya hutan (SDH)
2. Pelaku bisnis SDH
3. Peneliti
4. Pendidik
5. Penggerak masyarakat
Kompetensi Lulusan
Terbagi menjadi tiga kelompok kompetensi sebagai berikut
Kompetensi Utama
1. Berintegritas dan bermoral, serta mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan
diri berkarya di bidang kehutanan maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
2. Mampu menguasai dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
kehutanan terutama ekosistem sumberdaya hutan tropika dan lingkungan.
3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan untuk mengelola dan memanfaatkan Sumberdaya hutan (SDH) serta hasil hutan secara produktif, kompetitif,
efisien, dan lestari.
4. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
Kompetensi Pendukung
1. Menguasai teknologi komunikasi dan sistem informasi pengelolaan SDH.
2. Memahami aspek kebijakan, sosial, ekonomi, dan budaya dalam pengelolaan SDH.
3. Menguasai teknologi rehabilitasi hutan dan lahan kritis.
4. Menguasai teknologi konservasi SDH.
5. Mampu dalam pengolahan hasil hutan dan pemanfaatan limbah biomaterial.
4. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
Kompetensi Pendukung
1. Menguasai teknologi komunikasi dan sistem informasi pengelolaan SDH.
2. Memahami aspek kebijakan, sosial, ekonomi, dan budaya dalam pengelolaan SDH.
3. Menguasai teknologi rehabilitasi hutan dan lahan kritis.
4. Menguasai teknologi konservasi SDH.
5. Mampu dalam pengolahan hasil hutan dan pemanfaatan limbah biomaterial.
Kompetensi Lainnya
1. Memahami problema global dalam bidang kehutanan dan lingkungan.
2. Memahami pembangunan kehutanan berkelanjutan dan berbasis masyarakat.
3. Menguasai teknik pembangunan dan peningkatan produktivitas hutan tropika.
4. Menguasai teknologi pengembangan energi alternatif terbarukan.
5. Memahami penerapan prinsip ramah lingkungan dalam pengelolaan, konservasi dan
1. Memahami problema global dalam bidang kehutanan dan lingkungan.
2. Memahami pembangunan kehutanan berkelanjutan dan berbasis masyarakat.
3. Menguasai teknik pembangunan dan peningkatan produktivitas hutan tropika.
4. Menguasai teknologi pengembangan energi alternatif terbarukan.
5. Memahami penerapan prinsip ramah lingkungan dalam pengelolaan, konservasi dan
pemanfaatan sumberdaya hutan dan lahan.