Latar Belakang

watch_later Rabu, 04 Juli 2012
Radjamin Purba, SH
Pendirian Universitas Simalungun (USI)  tahun 1965 yang diprakarsai oleh Bupati Simalungun (Brigjend. Purn. Radjamin Poerba, SH), bersama-sama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar serta masyarakat di kedua daerah, dimaksudkan untuk menyediakan lembaga pendidikan tinggi di daerah, sehingga masyarakat Siantar – Simalungun tidak harus melanjutkan pendidikan anak-anaknya jauh ke luar daerah.  Harapan pemrakarsa dan pendiri USI, pada saat ini dimaknai sebagai kekuatan dan peluang sekaligus menjadi tantangan pengembangan USI ke depan.
USI merupakan unit usaha berbadan hukum yakni Yayasan Universitas Simalungun. Badan Hukum ini secara resmi berdiri pada tanggal 9 April 1966. Pada awal berdirinya USI mengasuh tiga fakultas, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi. Kemudian hingga saat ini USI mengasuh 5 fakultas dengan 13 Program Studi S1 serta  1 Program Pascasarjana dengan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.
USI menyelenggarakan pendidikan berpedoman pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, serta peraturan perundangan lain yang berlaku.
Disamping itu, sebagai perguruan tinggi swasta, USI juga mempedomani Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga beserta peraturan yang ditetapkan Yayasan Universitas Simalungun.
Kegiatan USI  secara  makro  akan  berdampak  kepada  terwariskannya  ilmu pengetahuan  dan  teknologi  kepada  generasi penerus dan sekaligus dengan  demikian menjaga eksistensi bangsa di tengah perubahan sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat. 
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu modal manusiawi yang memiliki peran kuat dalam meningkatkan harkat dan martabat kemanusiaan serta kualitas hidup manusia. Oleh karenanya ilmu pengetahuan dan teknologi harus dilestarikan, dibina, dan dikembangkan, serta disebarluaskan kepada mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa dan dinamika zaman. Sehingga masyarakat Indonesia dalam memasuki era globalisasi yang penuh persaingan di masa depan dapat berkembang dan berperan serta membangun peradaban dunia. Sejalan dengan hal tersebut, maka Universitas Simalungun mengembangkannya untuk menata manajemen pendidikan yang berorientasi kemasadepan.
Struktur Management USI

Dilarang memberi komentar yang menyinggung masalah SARA dan berpotensi menimbulkan perselisihan, permusuhan, kebencian, dan sebagainya.
.:: USI Edukasi | Portal Edukasi Universitas Simalungun ::.

sentiment_satisfied Emoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.